Buktikan Operasional dan Kinerja Unggul, Elnusa Petrofin Kantongi 3 Sertifikasi ISO Terbaru

JAKARTA, Penerapan ISO pada era industri 4.0 menjadi hal yang mutlak bagi banyak perusahaan yang berupaya meningkatkan kualitasnya sehingga tak hanya bisa semakin banyak diminati oleh konsumen melainkan juga dapat diakui kualitasnya. Baru-baru ini PT Elnusa Petrofin (EPN) meraih 3 sertifikat Sistem Management (ISO) sekaligus antara lain ISO 9001:2015, 14001:2015 dan ISO 45001:2018. Sebelumnya EPN telah mengantongi ISO 9001 dn 14001, namun terdapat pembaharuan yaitu pada ISO 45001:2018 yang sebelumnya disebut sebagai sistem Management K3 (OSAS 18001).

Sertifikat International Organization for Standardization (ISO) tersebut diraih Elnusa Petrofin setelah melalui serangkaian proses audit dan penilaian yang panjang. EPN dinyatakan berhak mengantongi sertifikat Sistem manajemen mutu (ISO 9001:2015), Sistem manajemen lingkungan (ISO 14001:2015), dan Sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (ISO 45001:2018), dimana praktik yang berkaitan dengan hal-hal diatas telah diterapkan secara terintegrasi dalam proses bisnis di Elnusa Petrofin.

“Untuk mendapatkan sertifikat ini, bukan hal yang mudah karena pada tahun lalu kami secara bergantian menjadi objek audit baik internal maupun eksternal itu sebabnya kami bersyukur ketika sertifikat ISO telah resmi kami dapatkan. Sertifikat ISO ini tentunya akan membuat Elnusa Petrofin semakin dipercaya oleh pemberi kerja” ujar Lisda Dwi Rahayu selaku Dept Head of HSSE&QM pada Senin (27/1).

Sementara itu Direktur Keuangan dan Administrasi Elnusa Petrofin, Aditya Dewobroto menambahkan bahwa perolehan sertifikat ISO ini memiliki makna bahwa setiap proses operasional yang dilakukan oleh Elnusa Petrofin telah memiliki standar baku, dan berwawasan lingkungan, serta diakui secara internasional,” ujarnya . Aditya juga menambahkan, dengan sertifikasi ISO akan menjadi salah satu parameter dari keunggulan operasional EPN secara keseluruhan.

Selain mendapatkan ISO diatas, Elnusa Petrofin juga dianugerahi penghargaan Best Award dari Worlwide Quality Assurance (WAQ) – Asia Pacific selaku lembaga terpercaya yang juga memberikan ketiga sertifikat ISO tersebut atas hasil yang memuaskan dari audit ISO di Elnusa Petrofin. Regional Manager WQA, Muhammad Aristian dan diterima langsung oleh Bapak Aditya Dewobroto selaku Direktur Adm & Keuangan PT. Elnusa Petrofin pada munggu ke 3 Januari 2019.

“Dengan penghargaan maupun 3 sertifikat ISO yang diraih oleh Elnusa Petrofin ini menunjukan bahwa Elnusa Petrofin mampu menjaga sistem manajemen mutu, lingkungan, dan K3LL (keselamatan kerja dan lindung lingkungan) di etiap tahapan operasional dalam rangka memenuhi ekspektasi pelanggan khususnya dalam hal customer focus,” tutup tutup  Haris Syahrudin selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin dalam kesempatan yang berbeda.