Elnusa Petrofin Gelar Pelatihan Pemasaran bagi UMKM Desa Binaan CSR di Bali

Elnusa Petrofin kembali menggelar kegiatan CSR Lanjutan di Antiga Bali. Hal ini sebagai tindak lanjut dari rangkaian program CSR Petrofin Pintar berupa pembinaan UMKM Desa Antiga Bali dalam memproduksi Virgin Coconut Oil (VCO) Mesari.  Dimana telah dijalankan beberapa waktu sebelumnya dari Pembuatan sampai pada tahap launching.

Sebagai wujud perhatian dan pembinaan berkelanjutan, Elnusa Petrofin melalui unit Fuel Terminal Bali kembali memberikan pendampingan kepada warga Desa binaan tersebut berupa pelatihan pemasaran produk bagi puluhan peserta dari Kelompok Usaha Mesari dan BUMDes Sedana Yoga Antiga di Desa Antiga.

Pelatihan tahap lanjutan ini digelar di Balai Warga Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem, Bali pada Jumat 22 Oktober 2021. Dimana pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait teknis pembuatan e-commerce, peningkatan mutu dan desain produk kepada pelaku UMKM tersebut yang nantinya knowledge dari pelatihan tersebut dapat diimplementasikan khususnya pada produk VCO Mesari.

Dalam kegiatan ini, Michael Ganda selaku Business Development Manager salah e-Commerce terkemuka juga Practitioner didapuk sebagai pemateri. Michael menyampaikan berbagai macam strategi UMKM untuk dapat naik kelas dan menyentuh pasar nasional bahkan Internasional melalu e-commerce. Dan pelatihan ini disambut baik oleh UMKM Binaan Elnusa Petrofin.

I Wayan Madra Arsana selaku Kepala Desa Antiga yang juga sebagai pimpinan UMKM VCO Mesari menyampaikan bahwa “pelatihan ini memberikan pandangan yang baru bagi masyarakat Antiga akan pentingnya strategi penjualan online. Dan kami bersyukur, Elnusa Petrofin senantiasa memberikan bimbingan yang berkelanjutan sehingga kami pun mendapatkan energi positif dalam kelangsungan UMKM VCO Mesar ini”, imbuh Bapak Madra.

Langkah ini diharapkan mampu mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM dalam mengakselerasi penjualan produk Premium Virgin Coconut Oil (VCO) yang lebih luas dan lebih optimal.