Elnusa Petrofin Selenggarakan 616 Kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR) Selama Tahun Pandemi 2020

Tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan bagi banyak masyarakat. Hal ini diakibatkan oleh Pandemi COVID-19 yang hampir setahun ini masih ada disekitar kita. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat penduduk miskin pada September 2020 sebanyak 27,55 juta jiwa atau meningkat 2,76 juta dibandingkan tahun sebelumnya. Dan hal ini cukup memprihatinkan.

Seiring dengan hal itu, selama tahun pandemi 2020 ini Elnusa Petrofin secara konsisten mengadakan berbagai macam aktivitas dan kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR) #PetrofinPeduli. Hal ini bertujuan untuk turut serta membantu pemerintah Indonesia dalam penanganan COVID-19, baik dari segi Kesehatan maupun ekonomi. Dari data yang terkumpul, tercatat sebanyak 616 Kegiatan CSR yang Elnusa Petrofin laksanakan dan tersebar di seluruh Indonesia.

Putiarsa Bagus Wibowo, Corporate Communication Head Elnusa Petrofin mengatakan bahwa “Sebanyak 616 Kegiatan CSR yang dilaksanakan Elnusa Petrofin tersebar ke seluruh Indonesia dengan berbagai macam jenis kegiatan yang masuk dalam 5 Pilar #PetrofinPeduli. Namun pada tahun pandemi 2020, mayoritas CSR dilakukan untuk mendukung pemerintah dalam penanganan COVID-19 dengan Gerakan #PetrofinSiagaCOVID19. ” ujar Putiarsa.

#PetrofinSiagaCOVID19 merupakan bagian dari pilar #PetrofinTanggap yang diluncurkan maret 2020 dengan kegiatan awal pembagian masker dan penyemprotan desinfektan di 83 lokasi yang menyebar ke seluruh Pelosok Indonesia. Kegiatan ini mencakup perumahan dan perkantoran masyarakat di sekitar ring 1 unit operasional Elnusa Petrofin. Selain itu, dilanjutkan dengan pemberian bantuan 14 buah tenda darurat di 3 provinsi dan 4.283 paket sembako dibagikan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Untuk 616 kegiatan yang termasuk dalam pilar #PetrofinPeduli, masing-masing kegiatan CSR terdiri dari 208 kegiatan #PetrofinPintar yang berfokus pada peningkatan fasilitas kualitas pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat. 205 kegiatan #PetrofinTanggap yang berfokus untuk pemulihan daerah bencana serta kegiatan keagaaman. 180 kegiatan #PetrofinResik yang berfokus pada peningkatan kebersihan dan penghijauan. 5 kegiatan #PetrofinSehat yang berfokus untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan edukasi gizi. Serta 18 kegiatan #PetrofinAman yang berfokus pada peningkatan safety awareness pada masyarakat.

Putiarsa menambahkan bahwa jumlah kegiatan CSR #PetrofinPeduli mengalami peningkatan 31% dari tahun sebelumnya. Selain itu, cakupan atau coverage kegiatan CSR Elnusa Petrofin pada tahun 2020 mencapai lebih dari 7.000 warga atau komunitas serta >500 rumah ibadah. Dimana cakupannya menyasar kepada masyarakat prasejahtera yang sangat membutuhkan bantuan.

Di tempat terpisah, Haris Syahrudin selaku Direktur Utama Elnusa Petrofin menjelaskan bahwa dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan oleh Elnusa Petrofin pihaknya berharap dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar dan. Terlebih pada tahun 2020 Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan bagi banyak masyarakat dunia termasuk Indonesia. Dan kami berharap semoga kegiatan yang dilakukan selama 2020 memberikan impact pada penanganan COVID-19 sehingga kehadiran Elnusa Petrofin turut serta dalam menyukseskan program pemerintah.

“Untuk tahun 2021 ini, selain melakukan berbagai kegiatan CSR dalam bidang yang lain, Elnusa Petrofin juga tetap akan melanjutkan kegiatan CSR #PetrofinSiagaCOVID19 dengan menyesuaikan kondisi serta situasi yang ada. Juga berfokus pada kegiatan-kegiatan yang mendukung terciptanya UMKM masyarakat. Dengan kegiatan CSR pelatihan serta pembentukan usaha rumahan, sehingga tercipta kemandirian bagi masyarakat.”, Pungkas Haris Syahrudin.