Pastikan Ketersediaan Energi di Tengah Pandemi COVID-19, Elnusa Petrofin Maksimalkan Perlindungan Diri Pekerja Lapangan

Sebagai salah satu elemen penting dalam ekosistem pendistribusian BBM Pertamina (persero) yang tetap beroperasi guna menghantarkan energi ditengah Pandemi COVID-19, PT Elnusa Petrofin (EPN)sangat memperhatikan himbauan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia mengenai penggunaan masker untuk mencegah penyebaran virus ini. Dalam himbauan tersebut, Pemerintah menjelaskan bahwa penggunaan masker bukan hanya untuk orang sakit, namun juga bagi orang yang masih sehat terlebih kepada mereka yang beraktivitas diluar rumah termasuk pekerja lapangan EPN.

Selaras dengan himbauan tersebut, Elnusa Petrofin berkomitmen penuh untuk mendukung Pertamina (persero) dalam menjamin pasokan energi sehingga tetap tersedia dan tidak terjadi kelangkaan. Distribusi energi tersebut berupa Bahan Bakar Minyak (BBM) dan Liquefied Petroleum Gas (LPG) atau elpiji bagi masyarakat, maupun Bahan Bakar Avtur bagi maskapai ditengah wabah COVID-19 ini. Selain telah memberlakukan berbagai macam prosedur sebagai upaya mitigasi untuk senantiasa menjaga kesehatan dan keselamatan pekerja, Elnusa Petrofin semakin memperketat pencegahan COVID-19 dengan melengkapi beragam peralatan proteksi kepada para pekerja, agar aktifitas operasional dalam mendistribusikan energi tetap berjalan dengan baik.

“Kami berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan dan keselamatan para pekerja kami yang masih menjalankan tugas di lapangan, mengingat kegiatan yang dijalankan sepenuhnya masih diluar rumah maka ratusan ribu alat alat perlindungan dan pencegahan COVID-19 kami distribusikan dari kantor Pusat (Jakarta) ke seluruh unit operasional Elnusa Petrofin di Seluruh Indonesia tanpa terkecuali” Ujar Lisda Dwi Rahayu selaku Dept Head of HSSE&QM Elnusa Petrofin.

Peralatan proteksi terhadap COVID-19 yang didistribusikan tersebut berupa Masker kain, sarung tangan, hand sanitizer, dan disinfektan untuk digunakan selama operasional berlangsung. Elnusa Petrofin menjalankan pendistribusian APD melalui pengiriman untuk secara bertahap sejak beberapa minggu terakhir.

Pendistribusian peralatan proteksi untuk pekerja meliputi 79 lokasi antara lain fuel Fleet Management di 49 lokasi Fuel Terminal Pertamina (dahulunya Terminal BBM) Pertamina, 3 Depo TBBM, 7 Lokasi DPPU (Depot Pengisian Pesawat Udara) Pertamina (persero) serta 1 Depot LPG  dan 2 SPBE (Stasiun Pengisian Bulk Elpiji), dan 18 Unit VHS yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia dari sabang  Sampai Merauke.

Sementara itu Nur Kholis Direktur Ops & Marketing Elnusa Petrofin mengatakan bahwa “Kesehatan dan Keselamatan seluruh pekerja kami merupakan prioritas utama. Mengingat mereka yang menjadi garda terdepan dalam mendistribusikan dan menjaga pasokan energi. Hal ini sejalan dengan komitmen kami terhadap pemberi kerja yaitu Pertamina (persero). Jika SDM sehat dan unggul otomatis output kita terhadap pemberi kerja akan maksimal. Seluruh upaya preventif ini dilakukan untuk terus mendukung Pertamina dalam menjaga ketahanan energi untuk Indonesia.” pungkas Nur Kholis.