Wujudkan Hubungan yang Harmonis dengan Key Stakeholders Elnusa Petrofin gelar Silaturahmi Media di Wilayah Sulawesi Selatan

Sebagai upaya untuk memperkuat citra dan reputasi perusahaan, Tim Corporate Communication PT Elnusa Petrofin (EPN) mengadakan rangkaian Media Visit serta Mini Media Gathering yang diikuti sejumlah perwakilan key media  dalam lawatannya di wilayah Sulawesi Selatan. Hal ini juga sekaligus sebagai sarana keterbukaan informasi Elnusa Petrofin terhadap masyarakat luas dan key stakeholder, termasuk media serta semakin mempererat hubungan antara media dengan perusahaan.

Dalam agenda kegiatan yang tetap memperhatikan protokol pencegahan COVID-19 ini, Putiarsa Bagus Wibowo sebagai Corporate Communication Head didampingi oleh Edy Tuah Syahputra Area Manager Transportasi wilayah IV (Pulau Sulawesi) menjelaskan mengenai lini bisnis di Elnusa Petrofin , utamanya tranportasi Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamina di wilayah Sulawesi yang dikelola dan didistribusikan oleh Elnusa Petrofin.

Perlu diketahui, bahwa Elnusa Petrofin didirikan di Jakarta pada tanggal 5 Juli tahun 1996. EPN adalah anak perusahaan dari PT. Elnusa Tbk, dimana PT. Elnusa Tbk sendiri merupakan Anak Perusahaan PT. Pertamina (Persero). PT Elnusa Petrofin bergerak di bidang jasa logistik dan distribusi BBM , terutama Jasa Transportasi BBM, Energy Storage Management (Fuel, Gass, Aviation), Industry and Marine Fuel, Lubricant dan Chemical Integrated Service. Elnusa Petrofin merupakan salah satu ujung tombak Pertamina untuk menyalurkan BBM PSO (public service obligation) dan BBM Satu Harga ke seluruh penjuru Nusantara.

Di wilayah Sulawesi, Elnusa Petrofin mengelola operasional Fleet Management di Integrated Terminal Pertamina Makassar, Fuel Terminal Pertamina Parepare, Fuel Terminal Pertamina Palopo, Fuel Terminal Pertamina Donggala, Fuel Terminal Pertamina Gorontalo, Fuel Terminal Pertamina Moutong, Integrated Terminal Pertamina Bitung, Fuel Terminal Pertamina Kendari, Fuel Terminal Pertamina Baubau, Fuel Terminal Pertamina Pulau Raha, Fuel Terminal Pertamina Poso, Fuel Terminal Pertamina Kolonodale, Fuel Terminal Pertamina Tolitoli, Fuel Terminal Pertamina Kolaka, Fuel Terminal Pertamina Tahuna, dan Fuel Terminal Pertamina Banggai. Sedangkan untuk pengelolaan LPG Storage, Elnusa Petrofin memiliki Depot LPG di Amurang, Minahasa Selatan.

Wilayah-wilayah ini merupakan tempat asal pengantaran Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah-wilayah pelosok yang ada di pulau Sulawesi, termasuk di wilayah Sulawesi Selatan. Didukung oleh lebih dari 900 orang Awak Mobil Tangki (untuk seluruh wilayah Sulawesi), setiap harinya mobil tangki BBM Pertamina yang dibawa oleh Awak Mobil Tangki EPN mengantarkan energi di jalan wilayah Sulawesi, untuk memenuhi kebutuhan di setiap SPBU.

Putiarsa Bagus Wibowo juga menjelaskan bahwa Kegiatan Corporate Social Responsbility (CSR) juga giat dilakukan oleh Elnusa Petrofin. Di akhir 2019 lalu, EPN melaksanakan kegiatan pelatihan UMKM Produk Perikanan di wilayah Fuel Terminal Palopo. Juga Ketika banjir bandang di wilayah Masamba, Elnusa Petrofin turut hadir dalam program CSR membantu masyarakat. Selain itu, di wilayah Ujung Tanah, Makassar pun Elnusa Petrofin mengadakan sosialisasi dan pelatihan safety riding bagi masyarakat mengingat lokasi tersebut banyak dilalui kendaraan besar. Sehingga pelatihan tersebut, dilakukan untuk mencegah dan mengurangi kecelakaan di jalan raya.

Selama 2020 pun Elnusa Petrofin banyak mengadakan kegiatan terlebih mengenai penanganan COVID-19 seperti penyemprotan desinfektan di sejumlah perkantoran dan perumahan warga di ring 1 unit operasional. Ditambah dengan pemberian sembako serta pembagian alat belajar kepada anak-anak untuk memenuhi kebutuhan di berbagai aspek.

Dengan penjelasan dan pemaparan mengenai Elnusa Petrofin, Putiarsa berharap rekan-rekan media di wilayah Sulawesi khususnya di Sulawesi Selatan telah mengetahui siapa perusahaan yang mengoperasikan ratusan mobil tangki yang berlalu Lalang. Sehingga, kedepannya jika ada kejadian atau informasi yang dibutuhkan, media lokal di wilayah Makassar telah mengetahui sumber yang pasti, dan segala informasi terkait distribusi dapat tersampaikan dengan baik.